Sunday, February 28, 2016

Jobless = Nothing to do? WRONG!

Pengangguran.
Ya memang saat ini status aku seorang pengangguran haha..Udah cari kerja, tes, dan interview sana sini tapi belum dapet rejeki kerja juga.. Yasudah jalani saja lah yaa....

Jobless selama hampir setengah tahun ini, bikin aku banyak berpikir dan mencari ide. Sempet ingin bisnis (udah ada konsep sih tinggal jalan aja, doain lancar yahh.. bhihii ) ya siapa tau bisa berkembang amin... Dan setelah dirasa-rasa dan dipikir-pikir, ternyata aku dapet hikmah banyak selama jobless. Memang pasti aku butuh punya pekerjaan untuk dapet pendapatan, tapi jobless bukan berarti bener2 nothing to do loh...
Cuma pengen share aja disini, apa ajasih yang aku rasain selama jobless ini...

Disamping usaha aku yang mencari lowker sana sini dan belum dapat, beberapa hikmah yang aku dapet itu salah satunya adalah kesempatan untuk mengembangkan diri. Selama ini, aku belum pernah eksplor hal yang sukai. Hanya fokus disekolah, kuliah, lulus tepat waktu, ya pokoknya akademisi deh.. Hal yang aku suka hanya untuk sampingan di waktu luang aja dan sama sekali ga terpikir untuk beneran dijadikan sesuatu yang bisa menghasilkan pendapatan, istilahnya ga pernah yang bener-bener diseriusin dan nekunin ilmunya. Karena mikirnya kalau itu ya hanya sekedar kesenangan yang bisa aku lakuin di waktu luang, itupun sesekali.

Nah, jobless artinya punya banyak waktu luang. Aku bener-bener dapet pelajaran banget, dan thank God, walaupun jobless aku tetep dikasih kesempatan untuk kembangin ilmu, pengetahuan, kreativitas, dan sejenisnya...
Malah aku lebih produktif, ga dipungkiri aku memang jadi tertarik untuk berbisnis. Kita (aku) ga tau rejeki kita (aku) itu dimana, kerja dimana, kantoran atau bisnis, atau apapun. Who knows?. Tapi kita (aku) harus bisa manfaatin waktu yang ada buat meningkatkan kualitas diri. Ya khannnnn?...

Jadi, temen-temen yang senasib sama aku belum dapet kerja, kalian bisa mulai eksplor diri kalian. Hal apa yang kalian suka, dikembangkan, ide-ide apa yang kalian punya. Sekarang masa-nya entrepreneur loh, walaupun memang diawal tidak akan menghasilkan sesuatu yang besar, tapi kalau kita giat, serius, ga menutup kemungkinan untuk jadi besar loh.. Bisnis? awali dengan hal yang kalian suka. Karena gakan lebih membahagiakan kalau kita melakukan hal yang kita sukai itu dapat menghasilkan pendapatan.

Saat menulis ini, aku memang belum jadi apa-apa. Yuk kita sama-sama berkembang jadi lebih baik, eksplor diri kita. Be an entrepreneur, siapa tau emang jalannya disitu. Dari yang modal kecil-kecilan dulu. Aku juga pengen kerja kantoran biar dapet pendapatan terus bisa buat modal bisnis... Tapi karena belum kerja, ya aku pilih bisnis yang ga makan modal banyak dan alhamdulillah orang tua ngasih dukungan, ngasih kesempatan itu.

Aku terimakasih banget juga sama si Mihas (hidayah Allah melalui dia), dia yang bener-bener dari awal yang ngeliat 'potensi' aku.. Dia yang ngarahin aku, dia yang ngasih usul kalo hal yang aku suka/kebiasaan aku itu bisa diarahkan ke suatu kegiatan. Memang kegiatan itu bukan untuk dapet pendapatan, walaupun memang bisa dalam beberapa tahun (dan memang bukan main orientation aku juga), tapi paling engga passion dan kesenangan batin itu tersalurkan dan bisa bermanfaat buat orang lain yang liat (not for getting famous, too). Berawal dari situ, perkembangan diriku lebih baik. Sampai akhirnya muncul ide-ide lain pingin bisnis ini itu, pengen bikin ini itu, hahahaa....

tetep Allah ya nentuin, aku cuma bisa bikin konsep, pandangan, ngejalanin pelan-pelan, usaha pelan-pelan..
Saatnya jadi diri kita sendiri, dan jadikan hoby atau kegemaran kita sebagai salah satu yang bermanfaat :)

--------

Nanti kalau ide kegiatan dari si Mihas itu udah aku jalanin (sekarang masih ada kendala), mungkin aku bakal cerita lebih jelasnya kenapa aku lakuin itu..

------

bytheway..... Minggu depan (minggu pertama maret) aku udah ada project DIY. I'm so excited!! Nanti bakal aku share apa aja DIY stuff yang berhasil aku kerjain dalam satu minggu besok... yuhuuuuuuu ;)

------
thankyouuuu
-ao

No comments:

Post a Comment