Friday, January 8, 2016

Saving Plan: Metode Menabung

Hellooooo..........................................
Kali ini aku mau cerita tentang metode menabung yang selama ini aku terapkan... Semua orang pasti punya cara sendiri-sendiri buat nabung, tapi gapapa kan kalo aku mau share metode yang aku pake dan berhasil sejauh ini hehe

Aku itu orang nya antara hemat, pinter nabung, sama pelit. Tapi kadang suka boros jugas sih (semakin nambah umur semakin banyak maunya :p biasalah yakk cewekkkk )
Tapi semakin kesini aku jd tau satu sebutan yang cucok sama yang aku lakuin, (me)manajemen keuangan --yaelah bahasanyaaaa--
Disini perlu dicatet yahh, aku ga sok ngajarin, aku ga nyuruh, atau apapun. aku cuma pengen share aja metode yg aku lakukan selama ini dalam memanajemen keuangan aku...
Quote yang aku punya, beginilah bunyinya : "Selama kamu bisa mengatur keuanganmu, apapun yang kamu inginkan pasti dapat"
Kuncinya adalah........ SABAR!
--------------------------------------- HERE WE GO -------------------------------------------
1. Tentuin target nilai saving minimal
Buat temen-temen yang masih sekolah, minimal saving ga perlu gede-gede dulu. Sesuaikan aja sama uang jajan yang kamu dapet setiap bulannya. Walaupun ga semua dikasih uang jajanya bulanan, ada yang harian atau mingguan, tapi tetep kan kalian bisa tau atau ngira-ngira kan perbulannya berapa. Kalo aku dulu sih bulanan, enaknya itu kita jadi bisa bener-bener belajar buat nabung sama ngatur keuangan. Buat yang harian sama mingguan, minta bulanan ajaaaaaaaa bhahahaha (songong yakkk... maap). Tapi tetep ada resikonya juga, kalo duit sebelum akhir bulan udah abis ya yaudah kaga bisa minta lagi dan kita harus bertahan dengan sisa duit yang ada (T_T). Anyway ......... tetep sesuaikan dengan pendapatan kamu selama satu bulan.... Misal nih sebulan aku dapet Rp. 250.000, dan target minimal saving aku adalah Rp. 500.000 saat duit yang aku punya 0 rupiah. Disini aku harus mulai belajar yang namanya SABAR. Berarti  kan pada bulan 1, saving aku kurang 250rb dongss... Tapi, kan ga mungkin banget tuh duit bulan 1 ga kepake sama sekali, pasti pengen beli sesuatu yang kadang aku gabisa bedain itu kebutuhan/keinginan haha
Jadi dengan kondisi kayak gitu, mau ga mau tapi harus aku lakukan adalah menghemat duit 250rb itu pada bulan 1. Sebisa mungkin gausah jajan, aku belajar memprioritaskan kebutuhan. Selama kebutuhan/keinginan itu bisa aku tunda, bakal aku tunda. Jd anggeplah bulan 1 aku cuma make 50rb. Sisa 200rb. Jd kurangnya 300rb buat capai 500rb. Oke, akhirnya penghematan terus dilakukan hingga bbrp bln kedepan sampai target 500rb itu tercapai. (Tentu aku kerja keras dan ekstra sabar bangetsss)
2. Do Not Touch Your Saving
Kalo udah mencapai 500rb, udah deh mulai lega. 250rb di bulan2 selanjutnya mulai bisa dipake full. Ingat, duit 500rb itu ga boleh di otak atik. Anggep duit itu tidak ada!. Kalo dihitung, berarti pada bulan selanjutnya uang aku totalnya Rp. 750.000. Tapi tiap bulan aku mindset kl duit aku 250rb doang. 500rb ga aku anggep
Jangan sesekali anggap total uang yang kamu punya adalah sesuai dengan minimal saving+bulanan yang kamu dapet. Percaya atau engga, kamu bakal ngerasa "gapapa deh pake 300rb, masih ada sisa". Jangaaaaaaaaannnnnnnnnnnn !!!!! itu adalah hal yang bikin duit saving kamu habis.......
3. Use It For Emergency Only
Tujuan utama saving itu pasti untuk keadaan yang mendesak (kalo bukan nabung karena pengen beli sesuatu ya, itu beda lagi nominal tabungannya), saat terjadi sesuatu dan itu lebih dari jumlah uang yang kamu dapet perbulan (di contoh aku: 250rb) kamu bisa pake saving kamu. TAPI, kamu juga harus bisa mengembalikan nominal minimal saving kamu tadi...
4. Keep Saving 
Nominal minimum tabungan kamu udah tercapai, tapi bukan berarti kamu udah ga perlu nabung lagi. Setelah punya saving, tetaplah belajar menabung. Minimal Rp. 50.000 perbulan aja udah bersyukur. Disaat ga butuh.perlu beli suatu barang, uangnya disimpen aja buat kebutuhan yang lain.
5. Make a PRIORITY
Kalo lagi ada barang yang dipengen, fokus.. Tapi tetep harus mempertimbangkan butuh banget/butuh/atau penunjang aja. Biasanya aku kalo diajak temen keluar, aku jawab "gada duit" haha kadang emang gada beneran sih. Tapi terus kalo ga lama dari itu aku beli barang, pasti temen aku itu ngebatin "katanya ga punya duit" hahaha ya walaupun dia ga bilang ke aku, tapi ya pasti dia mikir gitu hehe (maap yaakk temanku sayangsss :*)
Aku kalo mau barang seringnya aku beli baru beberapa bulan kemudian setelah aku menentukan mau beli atau engga. Jadi, aku ini orangnya banyak maunya. Kalo jalan ke mall, bisa beberapa kali bilang "ih lucu // ih pengen, bagus // dan sejenisnya. Tapi bisa dipastikan, keluar dari mall itu, 1 barang aja dari yang aku tunjuk tadi,  belum tentu aku beli. Krn aku emang orangnya cuma seneng liatnya aja tp ga beli hehe. 
Nah kalo bulan depan mau beli A dan harganya agak menyita, terus aku di mall nemu barang lain yang aku pengen punya, pasti langsung banyak pertimbangan. Lebih butuh yang mana, lebih penting yang mana. bisa sampe berjam-jam mikir sambil muterin mall . Dan kadang juga, nemuin barang baru yang aku pengen, aku pikirin dirumah buat mastiin itu masuk list target barang yang perlu aku beli atau engga hehe
Kalo dalam bulan tersebut gada target barang, ya yaudah kadang asal beli-beli aja (namanya wanita, beli trs ntar nyadarnya dirumah ngapain beli itu). Tapi kalo lagi ada target beli barang, berarti aku gada duit buat nongki (walaupun ada tp sayang kan mending buat pegangan hehe) dan sejenisnya. Dan udah pasti bulan sebelumnya aku udah berusaha ngehemat duit bulanan aku yang 250rb itu. buat beli barang A bulan depan. Itulah kenapa se-engga adanya duit, aku masih punya pegangan (Alhamdulillah) :)

aku ga pernah mindset duit aku sebanyak yang aku punya, paling tinggi ya setengahnya (misal 750rb jadi ya 350rb). Dan setiap bulan aku punya pandangan mau beli apa. Tapi kalo sebelum kebeli, duitnya udah kepake duluan, berarti ya beli barang A nya ditunda bulan depannya lagi. Kamu bisa beli apapun yang kamu mau kok selama kamu bisa atur keuangan.
AKu emang masih dikasih nyokap duit walaupun nominalnya ga sebesar jaman sekolah atau kuliah (sekarang aku statusnya jobseeker hehe) Tapi duit itu cukup untuk kebutuhan reguler aku, bukan untuk kebutuhan tersier kayak belanja, nognki, dan sejenisnya :)
Ya semoga aja nanti kalau udah kerja, bisa tetep nabung. Aku juga lagi menahan diri dari beli macem-macem yang sebenernya bukan kebutuhan.. yuklah sama-sama belajar! ;)

Thankyou yang udah mau baca, kalo mau nanya atau ngasih kritik-saran, silahkan komen dibawah....
-ao
*re-write

No comments:

Post a Comment